Jumat, 30 Oktober 2015

wawancara EL CLASICO



              NONPUBLIKASI KPK VS POLRI

 Wawancara anggota POLRI

Saya                 : Kenapa 2 penegak hukum Negara antara KPK dan POLRI saling bersaing    ,padahal 2 lembaga tersebut memberikan perlindungan terhadap Negara bukan untuk bersaing atau berseteru?
Mr X (POLRI)            : karena dua lembaga tersebut ingin mencari eksistensi kepada publik, dua lembaga tersebut ingin menunjukkan eksistensinya yang mana yang kuat dan mana yang lemah . karena ada kecemburuan antara kedua lembaga tersebut. sebenarnya penyidik KPK 99% dari POLRI . kalau ingin mencari eksistensi pasti ada yang dikorbankan , sesungguhnya politik itu kejam .
Saya                 : Bagaimana upaya presiden agar 2 lembaga tersebut tidak terjadi perselisihan lagi ? Dalam jangka panjang ?
Mr X (POLRI)            : yang pertama adalah dari kepemimpinan nasional harus tegas menghadapi permasalahan ini , presiden harus bersikap tegas untuk mengambil tindakan agar kedua lembaga penegak hukum ini tidak berselisih lagi.
Saya                 : Apakah ada cara lain agar permasalahan ini selesai dan tidak diketahui oleh masyarakat ?
Mr X (POLRI)            : DPR atau wakil rakyat harus ikut andil untuk memperdamaikan antara kedua lembaga penegak hokum ini .  DPR harus menengahi antara KPK dan POLRI , kalau hanya Presiden yang bergerak pasti tidak akan selesai masalah ini . Presiden juga harus mengeluarkan Undang-Undang dari permasalahan kedua lembaga penegak Hukum tersebut . dan yang paling penting adalah permasalahan kedua lembaga tersebut jangan sampai dipublikasikan secara mendalam.
Saya                 : Menurut pendapat bapak bagaimana cara mengantisipasi agar tidak ada permasalahan yang muncul dari lembaga penegak hokum ini?
Mr X (POLRI)            : Polisi maupun TNI jangan sampai masuk dalam politisi karena lembaga tersebut bias menjadi hantu demokrasi . polisi dan TNI hanya tahu politik dari sampulnya saja . karena ada fungsi dan peran bagian masing-masing (tugas).

·         ANALISIS :

KPK dan POLRI adalah lembaga penegak hukum . yang seharusnya mengayomi dan melindungi masyarakat .bukan memberikan contoh untuk berselisih . Apa yang bias kita ambil dari sebuah persaingan ? saya menyimpulkan bahwa persaingan atau perselisihan ini adalah perselisihan antar saudara . karena 2 lembaga ini adalah penegak hokum Negara , anak dari presiden dan memiliki peran serta fungsinya masing-masing untuk mengatur masyarakat . persaingan ini hanya membuat melemahnya citra kepemimpinan nasional atau presiden ,dan melemahnya citra POLRI ataupun KPK. Masyarakat mengangap bahwa presiden tidak bisa menegakkan hukum secara optimal. Kesimpulan dari analisis ini adalah KPK dan POLRI pasti mempunyai unsure politik dalam perselisihan ini , yang harus dilakukan presiden yaitu dengan bertindak cepat dengan cara memberitahukan kepada media massa agar tidak mempublikasikan permasalahan kedua lembaga penegak hukum tersebut secara mendalam. Agar citra 2 lembaga tersebut dan citra kepemimpinan nasional tidak tercoreng dalam pandangan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar